Langsung ke konten utama

Manusia Dan Cinta Kasih

Disusun :
A. FENNO NIKKOFAN
(10517005)


MANUSIA DAN CINTA KASIH


1. Pengertian Cinta Kasih

    Manusia diciptakan dengan penuh cinta dan tanpa cinta manusia tidak akan ada, dan dalam  perjalanan  hidup manusia tidak akan lepas dari yang namanya cinta. Mungkin bisa dikatakan bahwa cinta adalah hal yang sangat berarti bagi diri kita sepanjang hidup kita. Cinta adalah rasa sangat suka(kepada) atau sayang(kepada) rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. sedangkan kata kasih, artinya  perasaan sayang atau cinta atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka atau sayang kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
    Cinta dan kasih mempunyai arti yang hampir sama, namun terdapat adanya perbedaan antara keduanya, cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih bersumber dari cinta yang mendalam dan diwujudkan secara nyata atau pengungkapan untuk mengeluarkan rasa, mengarah kepada yang dicintai,.Cinta memiliki 3 unsur yaitu, ketertarikan, keintiman dan kemesraan. Cinta sendiri sangat sakral bagi hidup kita saling mencintai dan saling menyayangi, dimana semua ini berhubungan dengan perasaan yang ada dalam hati yang timbul dari ketertarikan pada lawan jenis dan timbul rasa saling ingin memiliki satu sama lain dan menjadi pasangan yang tak ingin terpisahkan. 

2. Macam-Macam Cinta
     Dalam bukunya Seni Mencintai Erich Fromm mengemukakan bahwa ada macam-macam cinta, yaitu:  

 A. Cinta diri sendiri 
    Cinta diri sendiri memiliki pengertian yaitu mengurus dirinya sendiri, sehingga kebutuhan jamsmani dan rohaninya terpenuhi seimbang. sifat ini bernilai positif.

 B. Cinta keibuan atau cinta kepada ibu
    Kasih sayang yang sangat berharga  dan paling tulus yaitu kasih sayang kepada ibu.

 C. Cinta sesama manusia atau persaudaraan
    Cinta kepada sesama manusia atau persaudaraan  mempunyai  makna atau pengertian sifat
manusia itu sendiri dan diwujudkan dalam tingkah laku atau perbuatannya kepada sesama manusia. Perbuatan dan perlakuan yang baik kepada sesama manusia bukan berarti karena seseorang itu membela, menyetujui, mendukung dan berguna, bagi dirinya, melainkan dating dari hati nuraninya yang ikhlas disertai tujuan yang mulia.

 D. Cinta terhadap Allah
    Cinta yang ikhlas seorang manusia kepada Allah merupakan pendorong dan mengarahkannya kepada penundukkan semua bentuk kecintaan lainnya. Cinta kepada Allah akan membuat seseorang akan menjadi mencintai sesama manusia, hewan, semua makhluk Allah, dan seluruh alam semesta. Hal ini terjadi karena semua yang ada dipandang sebagai manifestasi Tuhannya, sebagai sumber kerinduan spiritualnya dan harapan kalbunya.

  E. Cinta kasih erotis
     Cinta erotis jika didasari dengan cinta, kasih sayang, keserasian maka mempunyai fungsi melestarikan keturunan dalam ikatan yang sah yaitu pernikahan. Sebaliknya jika tidak didasari kasih sayang yaitu nafsu yang membutakan akal pikiran sehingga yang ada hanya nafsu birahi didalamnya akan timbul rasa ketidak puasan bias berakhir dengan sebuah perceraian bahkan akan mungkin timbul juga perselingkuhan.

3. Mewujudkan Cinta Kasih 
Hal-hal yang mewujudkan cinta kasih dan sayang dalam kehidupan agar tentram damai dan bahagia dapat dengan cara :
  • mengurus dirinya sendiri, sehingga kebutuhan jasmani dan rohani dirinya sendiri terpenuhi secara wajar.
  • melakukan perbuatan yang bersifat sosial dan kemanusian. Contohnya saling tolong menolong, kerja bakti.
  • kasih sayang ibu yang tak terhingga terhadap anaknya dari sejak dikandung, melahirkan, dan mengurus sampai menikahkan dengan tanpa pamrih sedikitpun dan doanya yang selalu menginginkan dan melihat anaknya bahagia di jauhkan dari segala kesusahan.
  • cinta yang teramat sangat dan meniadakan Tuhan selain Allah dengan beraqidah yang kokoh dan bertaqwa atau menjalankan segala perintah dan menjauhi larangan yang sudah di tentukan Nya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manusia dan Tanggung Jawab

  Manusia dan Tanggung Jawab   A. Pengertian Tanggung Jawab     Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah kewajiban menanggung, memikul jawab, menaggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menaggung akibat. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tinggkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja. Seseorang mau bertanggungjawab karena ada kesadaran atau pengertian atas segala perbuatan dan akibatnya. B. Macam-Macam Tanggung Jawab   1. Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri.        Tanggung jawab terhadap diri sendiri, menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Dengan demikian bisa memecahkan masalah-masalah mengenai dirinya sendiri.    2.Tanggung Jawab Terhadap Keluarga        Tiap anggota keluarga wajib bertanggung

Manusia dan Pandangan Hidup

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP A.  Pengertian Pandangan Hidup       Setiap  manusia  mempunyai  pandangan  hidup.  Pandangan  hidup  itu bersifat  kodrati. Karena  itu ia menentukan masa  depan  seseorang. Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan. dan ada juga pengertian pandangan hidup menurut para ahli Menurut Koentjaningrat pandangan hidup adalah nilai-nilai yang dianut oleh suatu masyarakat yang dipilih selektif oleh para individu dan golongan di dalam masyarakat. Pandangan hidup terdiri atas cita-cita, kebajikan dan sikap hidup. sedangkann menurut Manuel Kaisiepo, pandangan hidup merupakan bagian hidup manusia. tidak ada seorang pun yang hidup tanpa pandangan hidup tanpa pandangan hidup meskipun tingkatanya berebeda-beda. Pandangan hidup mencerminkan citra dari seseorang karena pandangan hidup itu mencerminkan cita-cita atau aspirasinya.      Perlu kita sadari bahwa baik  Tuhan maupun agama bagi kita adalah suatu kebutuhan